Euphorbia obesa

Klasifikasi

Kerajaan Plantae
Divisi Angiospermae
( Unrenked ) Eudicots
( Unrenked ) Rosids
Urutan Malpighiales
Keluarga Euphorbiaceae
Genus Euphorbia
Spesies Euphorbia obese

Euphorbia obesa (tanaman baseball) tampak seperti bola yang sempurna, sangat dekoratif. Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk yang tua. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang tua. Tanaman Ini berisi sebuah reservoir air untuk mengatasi musim kering.

Tanaman Ini rata-rata memiliki 8 rusuk,dihiasi dengan tonjolan yang mendalam kecil secara teratur yang ada di pinggiran. Tanaman ini berwarna hijau dengan garis-garis terang atau lebih gelap. Di alam liar dengan paparan sinar matahari langsung, tanaman ini berwarna merah dan ungu. Tanaman ini memiliki beberapa bunga-bunga kecil tidak signifikan di puncaknya.

Hidup dalam kondisi yang sama pada dua benua yang berbeda,  Euphorbia obese merupakan bentuk konvergensi dengan  Astrophytum asterias yang merupakan kaktus dari Meksiko.

A.    Negara Asal :

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

 B.     Habitat :

Mereka ditemukan tumbuh di bawah sinar matahari penuh atau (lebih sering) di bawah perlindungan semak dan kadang-kadang di antara batu-batu yang cukup rendah di tanah berpasir. Warnanya berbaur dengan baik dilingkungan sehingga seringkali  sulit untuk membedakannya. Tanaman ini ditemukan di ketinggian berkisar 300-900 m di atas permukaan laut. Tempat ini sangat berbatu dan berbukit dengan curah hujan musim panas berkisar 200-300 mm per tahun. Musim panas sangat panas: maksimum harian rata-rata sekitar 26 derajat Celcius dan minimum sekitar 11 derajat celcius.

C.    Budidaya:

Tanaman ini dapat hidup ditempat yang ekstrim bahkan dapat mentolerir suhu sampai -5 ° C (-10 ° jika akar tetap kering). Ia melakukan yang terbaik dalam tanah mineral, tetapi toleran terhadap berbagai tipe tanah. Hemat air selama bulan-bulan musim panas dan tetap kering di musim dingin. Pertumbuhan lambat, berumur panjang, dan tanaman yang telah tumbuh di tempat teduh harus membutuhkan adaptasi jika diletakkan di tempat yang panas/terkena sinar matahri langsung.

 D.    Keterangan:

Euphorbia ebosa adalah tanaman sukulen yang sangat soliter tanpa duri atau daun yang terlihat seperti bola hijau-cokelat.

  • Akar : akar lentik.
  • Batang: Solid, berbentuk kubah, bulat, atau ketika berusia dua kali lebih tinggi dan memanjang atau berbentuk kerucut, sampai dengan 20 (-30) cm dengan diameter 9-10 cm, abu-abu hijau, besi abu-abu, kebiruan -hijau atau coklat-hijau dengan sangat menarik band transversal keunguan merah-coklat atau membosankan dan dengan jahitan halus membujur ditandai menandai permukaannya, menciptakan efek hampir kotak-kotak tanaman yang lebih muda memiliki landak laut bulat-seperti bentuk.
  • Rusuk: Biasanya 8, vertikal, lebar, sedikit terangkat dengan alur-alur dangkal di antara. Tetapi jumlah rusuk cenderung meningkat sebagai tanaman mendapatkan (tanaman dengan sepuluh rusuk dilaporkan) tua. Terlihat di atas tulang rusuk, adalah menit, coklat, tuberkel ruglose dalam seri tunggal.
  • Daun: Daun yang sangat dasar, sangat kecil dan segera drop off
  • Bunga: Euphorbia ini berkelamin tunggal dengan, kecil hijau keabu-abuan cyathia biasanya yang semua laki-laki pada beberapa tanaman, atau semua perempuan pada orang lain. Oleh karena itu penyerbukan silang antara laki-laki dan perempuan tanaman diperlukan untuk memproduksi benih. Penyerbukan biasanya dilakukan oleh serangga. Semua euphorbias memiliki karangan bunga kompleks yang disebut sebagai cyathium (cangkir) dan ini adalah unit perbungaan tersebut. Cyathium berisi banyak bunga jantan sangat berkurang atau bunga betina tunggal. Dalam Euphorbia obesa, yang cyathia muncul di musim panas, dari “mata berbunga melingkar”, terletak di sepanjang bagian atas sudut, dekat ujung tumbuh, pada batang. Mereka diproduksi dengan garpu bercabang-peduncles (bunga tangkai), telah bracts menit dan halus berbulu. Para cyathia yang berbentuk cangkir sampai 3 mm diameter, memperluas di bunga-bunga kecil yang halus wangi female.
  • Buah: Buah sedikit, dengan diameter yang eksplosif rilis benih  sampai 7 mm. Para peduncles tidak bertahan, dan jatuh setelah benih telah bubar.
  • Benih: Kecil bulat diameter 2mm belang-belang abu-abu ketika dewasa. Betina memiliki tiga stigma yang menonjol, sedangkan laki-laki memiliki pusat berbulu seperti ditutupi dengan serbuk sari kuning. Setelah penyerbukan tanaman betina menghasilkan buah yang masing-masing mengandung 3 biji.

E.     Catatan:

Seperti halnya dengan semua Euphorbias lain, ketika tanaman rusak akan mengeluarkan getah berwarna putih susu yang dikenal sebagai latex. Lateks ini beracun dan dapat mengiritasi kulit

F.     Propagasi:

Diperbanyak dari biji yang ditaburkan pada musim semi atau musim panas. Perkecambahan terjadi dalam 3 minggu, dan  Berbunga pada usia 5-8 tahun.

G.    Legislasi

Perlu diketahui bahwa Euphorbia obesa dilindungi oleh undang-undang nasional dan internasional:

  • Pada tingkat NASIONAL, undang-undang ini berbeda dari satu provinsi ke provinsi dan diawasi oleh otoritas Konservasi Alam. Di Western Cape (dan mungkin Timur dan Northern Cape yang semuanya bagian dari provinsi yang sama pada 1974 ketika peraturan disahkan) Euphorbia obesa dan 8 spesies lain, yang terdaftar di Jadwal 3 (Protected Flora) dan satu memerlukan izin dari Konservasi Alam untuk mengumpulkan, mengolah dan menjual Flora Dilindungi. Ketika membeli flora yang dilindungi, pastikan bahwa penjual terdaftar dengan Konservasi Alam dan bahwa mereka mengeluarkan suatu Faktur. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Western Cape Dewan Konservasi Alam, Tas Swasta X9086, CAPE TOWN, 8000, telepon (021) 483 3539 / 483 3170, faks (021) 483 4158, email: dhignett@pawc.wcape.gov.za atau otoritas propinsi Anda.
  • Pada tingkat INTERNATIONAL ada sepuluh spesies Euphorbia pada Lampiran I, tetapi Euphorbia obesa, dan semua spesies sukulen lainnya  tercantum pada Lampiran II CITES, yaitu Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah. Ini berarti bahwa setiap tanaman Euphorbia obesa atau bagian dari tanaman yang dibawa melalui perbatasan internasional memerlukan Izin Ekspor CITES yang dikeluarkan oleh otoritas negara pengekspor, dan Izin Impor CITES yang dikeluarkan oleh otoritas negara pengimpor. Benih, bibit dan serbuk sari dari tanaman artifisial diperbanyak dibebaskan dan dapat diperdagangkan tanpa izin. Pembeli disarankan untuk memastikan bahwa penjual adalah dealer, reputasi terdaftar dan bahwa faktur dikeluarkan dengan penjualan. Untuk info lebih lanjut tentang CITES, silakan kunjungi situs web mereka: http://www.cites.org. Mereka memberikan banyak info. termasuk daftar otoritas nasional dari semua negara anggota.

 

Referensi

http://pansoez-langkat.blogspot.com/2011/07/tanaman-bola-baseball-euphorbia-obesa.html/diakses pada 2 desember 2011 pkl 21.19

http://planetputri.wordpress.com/2011/03/13/9-tumbuhan-terunik-di-dunia/diakses pada 2 desember 2011 pkl 21.30

http://rahasiasains.blogspot.com/2011/04/10-tanaman-terunik-di-dunia.html/dikses pada 2 desember 2011 pkl 21.40/

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.cactus-art.biz/schede/ EUPHORBIA/Euphorbia_obesa/Euphorbia_obesa/euphorbia_obesa.htm&ei=sN7YTo- LB8fIrQfT8anaDQ&sa= X&oi=translate&ct= result&resnum= 3&ved= 0CC8Q7gEwAg&prev =/search%3Fq%3Dkonservasi% 2Beuphorbia% 2Bobesa %26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26rls%3Dorg.Mozilla:en-US:official % 26 biw% 3D1366%26bih% 3D665%26prmd%3Dimvns/diakses pada 2 desember 2011 pkl 22.09

http://www.tucson-gardener.com/graphics/succulent/Euphorbia%20obesa.html/ diakses pada 2 desember 2011 pkl 21.00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s